Tips and Tricks: Meningkatkan Trafik Pengunjung

Halo, brader…
Dengan cuacana hari ini yang begitu cerah. Yang terpikirkan seharusnya adalah jalan-jalan bersama si eneng ke mall itu pun kalo kantor libur? L Tapi entah kenapa kaki ini gak mau beranjak. Mungkin karena males bangun dari tempat tidur ataupun karena sebentar lagi harus berangkat kerja..ugghh..
Bagi sahabat-sahabat yang mengalami hal itu, itu bukanlah suatu penyakit atau virus mematikan yang harus ditakuti. Karena diam bukan berarti jelek. Dan diam di rumah pun bukan berarti tak produktif. Betul kawan.?? Hihihi.. J kayak om teguh aja nih…luar binasa…eh luar biasa… J
Lalu bagaimana jika di waktu yang sempit menjelang melakukan aktifitas pagi ini kita sedikit mengutak-atik blog kita. Karena hari ini saya akan memberikan masukan mengenai beberapa hal untuk meningkatkan trafik. Mau tau..?? nih dia caranya:
 üLangkah Pertama adalah daftarkan Blog Anda pada Portal.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang blog Anda maka Anda dapat mendaftarkan blog Anda pada beberapa portal. Ada banyak situs (portal) untuk mendaftarkan blog Anda. Ada portal yang mendaftarkan blog yang mempunyai niche tertentu, misalnya Eaton Web (portal.eatonweb.com), atau Globe of Blogs (www.globeofblogs.com). Ada pula portal yang mendaftarkan blog dengan cara yang berbeda, misalnya BlogShares (www.blogshares.com) dan Blog Street (www.blogstreet.com/bin/add.cgi).
Tapi bagaimanapun jenis portal tersebut yang pasti semuanya dapat meningkatkan jumlah traffic. Jadi saya sarankan, sebaiknya Anda untuk mendaftarkan blog Anda di portal-portal tersebut. Toh pendaftaran pun tidak dipungut biaya alias gratis (kata2 yang paling populer di kalangan internet Indonesia)..wkwkwk.. J
ü Langkah Kedua adalah Tambahkan RSS feed pada Blog Anda.

Seperti kita sadari bahwa dari waktu ke waktu jumlah pelanggan RSS terus bertambah. RSS adalah cara untuk membaca suatu blog tanpa harus mengunjungi blog tersebut. Ini bukan jaminan pelanggan yang membaca melalui RSS akan mengunjungi blog Anda (dan kemudian melihat iklan Anda).
Tapi ini bisa kita akali dengan cara mengundang mereka untuk berkomentar di blog Anda (jadi sebaiknya selalu sisipkan link ke blog Anda di dokumen RSS yang dilanggan oleh pembaca Anda). J
Bagi anda yang belum mengetahui cara daftar RSS Feed blog Anda klik disini.
ü  Langkah Ketiga adalah Membuat Newsletter.

Tawarkan pada pembaca Anda untuk berlangganan layanan newsletter agar mereka tetap up to date dengan posting-posting di blog Anda. Jika Anda merasa terlalu ribet untuk mengurus sendiri, maka ada banyak situs yang bersedia 'mengurus' newsletter ini untuk Anda, Anda hanya perlu mendaftar saja (misalnya di www.livingroom.org.au).
Bayangkan, jika ada seratusan orang yang mendaftar berarti ada seratusan orang yang mengizinkan Anda untuk mengundang mereka mengunjungi blog Anda!
ü  Langkah Keempat adalah ikut bergabung pada Search Engines and Indexes.

Anda tidaklah harus cantik ataupun ganteng, kaya ataupun miskin untuk bergabung pada situs ini  (lebuy banget…wkwkwk). Langkah ini adalah mendaftarkan blog Anda pada search engines atau index dimana beberapa situs tersebut memiliki fitur yang memungkinkan pengunjung untuk mencari blog sesuai dengan topik dan keyword tertentu. Anda bisa mendaftarkan blog Anda di Technorati (www.technorati.com) ataupun pada Alexa (www.alexa.com). Ataupun pada situs-situs pencarian semacam:
Google
1.      Kunjungi http://www.google.com/addurl/.
2.      Masukkan alamat/url website anda (jangan lupa http:// nya).
3.      Ketik kode yang muncul.
4.      Klik tombol Add URL.
Yahoo (perlu registrasi pada yahoo dahulu)
2.      Klik tulisan "Submit a Website or Webpage".
3.      Masukkan URL website anda pada kotak yang disediakan.
4.      Klik tombol Submit URL.
Bing
2.      Tulis kode anti spam yang tampil.
3.      Ketik URL situs anda (dengan http://).
4.      Klik tombol Submit URL.
AOL Search
1.      Kunjungi http://www.aol.com/
2.      Klik tulisan "Add New Link" yang ada di sidebar kiri.
3.      Ketik URL dan label website anda.
4.      Klik tombol Add.
ü  Langkah Kelima Tambahkan option 'Email a Friend' pada Posting Anda.
Beri kemudahan bagi pembaca Anda untuk memberitahu kepada temannya tentang suatu posting di blog Anda. Tambahkan pilihan 'Email a Friend' tersebut pada posting Anda. Ini akan membawa pembaca baru ke blog Anda, yang berasal dari tempat yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya (tapi jangan bayangkan tempat yang aneh-aneh yah….hihihihi… J ).
ü  Langkah Enam adalah Terlibat dalam Web Forums.
Berpartisipasilah dalam web forums dan terlibat dalam diskusi pada blog-blog yang ada kaitannya dengan topik blog Anda. Hal ini akan memberi kesempatan pada Anda untuk membangun kredibilitas blog Anda serta membangun koneksi-koneksi dengan blog yang Anda ikuti. Jangan lupa cantumkan nama blog Anda untuk mendapatkan feedback balik dari mereka.
ü  Langkah Tujuh adalah Terlibat dalam Blog Projects.
Gugah rasa kemanusiaan Anda dan ikut terlibatlah dalam proyek pembuatan suatu blog, misalnya blog tentang bencana alam atau blog untuk keperluan sosial lainnya. Karena disana nama baik Anda dipertaruhkan. Berbuat baik akan mendatangkan hal yang lebih baik kepada kita. Setidaknya Anda akan mendapatkan relasi baru. Sementara itu Anda dapat juga membuat proyek blog lainnya (asal jangan blog tentang teroris, porno atau proyek blog yang aneh-aneh yah.. J). Dan jangan lupa untuk mengajak blogger lain untuk terlibat. J
ü  Langkah Delapan adalah Menggunakan Situs Bantuan Traffic Exchange.
Hari ini banyak sekali situs Traffic Exchange yang tersedia di internet. Anda bisa mencoba untuk mendaftar di (www.EasyHits4U.com) ataupun pada (www.Upmyrank.com). Saya sarankan keduanya karena saya telah mencobanya dan terbukti berhasil tapi saya tidak sarankan digunakan bagi blog yang memiliki google Adsense (mungkin karena akan dianggap black hat oleh pihak google).
Saya sarankan ini digunakan bagi Anda yang baru memiliki blog baru dan ingin segera meningkatkan trafik secara cepat. Untuk penjelasan Upmyrank dapat Anda lihat disini.
     ü Dan Langkah Terakhir adalah Promosi secara 'offline'.

Cara manual adalah cara yang efektif. Promosikan blog Anda kepada teman rumah Anda, teman kantor Anda, keluarga Anda. Ini cukup efektif menambah traffic blog Anda. Undang sebanyak mungkin orang lain yang mungkin akan mengunjungi blog Anda.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan jumlah traffic blog Anda. Untuk mengetahui apakah cara-cara diatas berhasil atau tidak? Tes dan Evaluasilah! Karena dari sinilah jiwa analisa Anda dituntut untuk kreatif.
Semoga bermanfaat dan jangan malu-malu untuk berkomentar (saya sudah jinak kok sekarang..gak gigit orang lagi.. J yah, kecuali beberapa sih..hihihihi.. J ). Dan jangan sungkan untuk datang lagi (walaupun ga dijamu dan disediain makanan nih… jadi malu).
Selanjutnya tunggu cara meningkatkan trafik jilid 2. J

1 Response to "Tips and Tricks: Meningkatkan Trafik Pengunjung"

im4 mengatakan...

Makasih gan, sudah saya coba.

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes