Tips and Tricks: Increase Pagerank Google

Apa itu Page Rank?
Page Rank (PR) alias ranking halaman atau ranking website adalah suatu identitas yang dimilki oleh suatu website di internet yang menunjukkan “kasta”, golongan atau bisa disebut juga seberapa baik, sehat dan terkenal website itu. Page rank biasanya identik atau berkiblat pada Google walaupun mungkin ada yang berasal dari selain Google.
Google menggunakan nilai ranking website berkisar antara 1 hingga 10 dimana semakin tinggi angkanya maka semakin bagus pula website tersebut, dan semakin terkenal pula website tersebut. Seperti contoh situs Yahoo.com dan Google.com saat ini mempunyai page pank 10 dan bisa dikatakan sudah sangat baik dan mendunia (10 adalah rank tertinggi), lalu situs Friendster.com mempunyai page rank sebesar 7 dan situs Detik.com mempunyai page pank sebesar 4 yang berarti situs-situs tersebut bisa dikatakan dalam kasta / golongan situs mapan.
Page rank yang dimotori oleh Google akan mengeluarkan hasil ranking situs kita setiap ± 3 bulan sekali, dan dalam waktu 3 bulan tersebut Google akan terus menjaring dan melakukan pengecekan kepada situs kita, maka disarankan situs kita harus terus ter-update, minimal sehari sekali untuk kemudian ditambahkan postingan baru, terutama tulisan. Jadi, artinya Google sebenarnya terus memeriksa page rank situs kita namun baru akan ditampilkan di Toolbarnya setiap 3 bulan sekali.
Contoh tampilan PR Google adalah (contoh page rank 0 dan page rank 3):
Angka 0 menunjukkan bahwa Anda belum memiliki page rank dalam google.com. Ini bisa berarti, situs Anda merupakan situs yang baru atau Anda belum mendaftarkan situs Anda kepada search engine google. Sedangkan angka 3 menunjukkan bahwa situs ini memiliki page rank 3 dan akan berubah di masa yang akan datang, entah itu akan menanjak atau malah turun tergantung dari seberapa sering dan berkualitasnya kita membuat postingan. Untuk mendapatkan tampilan seperti di atas saya menggunakan jasa yang disediakan oleh salah satu situs pemeriksa ranking website yaitu (www.rankwidget.com) yang beralamat di :
walaupun sebenarnya masih banyak situs lain yang menyediakan layanan serupa misalnya situs Mypagerank.net (http://mypagerank.net), namun karena tampilan dari Rankwidget lebih variatif maka banyak yang menggunakan jasa dari situs tersebut karena selain memunculkan ranking situs dapat pula mempercantik tampilan website yang kita miliki.
Lalu bagaiman supaya page rank situs kita naik?
Hhhmm.. caranya mudah sekali. Ada beberapa hal yang harus Anda rutin lakukan, diantaranya:
·         Selalu rutin melakukan update posting pada blog Anda, usahakan postingan yang Anda buat merupakan postingan yang menarik dan sedang hot untuk dibicarakan. Jangan melakukan copy paste dari situs lain secara menyeluruh (Anda harus menjadikan postingan dari situs lain sebagai referensi bukan jiplakan).
·         Promosikan situs yang telah Anda buat kepada teman-teman Anda baik secara offline ataupun melalui netter lainnya secara online, termasuk menggunakan cara bertukar link (link exchange) dengan situs lain, yaitu menempatkan link (penghubung) situs lain di situs kita dan juga sebaliknya menempatkan link (penghubung) situs kita di situs orang lain. Usahakan selalu bertukar link pada situs yang memiliki tema yang sama, hal ini akan memudahkan pengindeksan situs kita. Misal: situs kita tentang movies, maka tukar link dengan situs yang bercerita tentang movie juga ataupun yang memiliki hubungan dengan movie. (disarankan untuk tidak melakukan link dengan situs porno, judi, narkotika ataupun situs yang tidak disukai oleh google).
·         Berikan sesuatu yang menarik untuk pengunjung, misal: e-book gratisan, film gratisan, freeware, kontes, cara mendapatkan uang dan lain-lain, hal ini akan membuat para pengunjung tertarik dan akan sering masuk kembali kepada situs Anda.
Bagaimana cara perhitungan page rank?
Page rank dihitung menggunakan algoritma khusus yang dimiliki oleh mesin pencari yaitu Google.com, meskipun ada juga beberapa search engine lain yang menyediakannya. Dengan algoritma ini maka akan dihitung seberapa terkenal situs kita di search engine, karena semakin terkenal dan sering ter-update-nya situs kita maka secara otomatis akan semakin terkenal website kita di layanan search engine, khususnya Google.com.
Apa kegunaan dari angka page rank?
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya page rank menunjukkan “kasta”, golongan atau bisa disebut juga seberapa baik, sehat dan terkenal website itu, namun dalam dunia internet terutama bisnis online, page rank merupakan indikator bagus tidaknya website tersebut dalam hal berbisnis terutama mengenai program paid review yang bisa Anda baca disini.
Seperti contohnya, situs Detik.com yang saat ini mempunyai page rank 4 cocok untuk dijadikan sarana promosi sehingga apabila kita masuk ke situsnya Detik.com maka akan tampil begitu banyak iklan dan penawaran di sana, hal ini karena selain situsnya dikunjungi oleh ribuan orang setiap harinya, Detik.com juga mempunyai identitas yang baik dalam page rank, apalagi situs Yahoo.com yang page ranknya 10, tentu akan ada banyak orang yang melakukan promosi di sana
Bagaimana cara menampilkan status ranking di situs kita?
Hmmm… caranya mudah sekali.. Yang harus Anda lakukan hanya mengunjungi situs penyedia pemeriksa ranking, dapat Anda lihat diatas, cek situs Anda dan copy paste-kan scriptnya pada situs Anda. Bagi para internet marketers yang memilki situs atau blog, page rank merupakan salah satu indikator yang dapat membuktikan sukses tidaknya kita dalam mengelola situs yang kita miliki dan ini akan mempengaruhi pada kepercayaan pemberi iklan.

No Response to "Tips and Tricks: Increase Pagerank Google"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes