Tips and Tricks: Daftar DMOZ.ORG

Hi, apa kabar semua..?
Hari ini saya tertarik untuk membahas bagaimana caranya mendaftar di dmoz.org. Jika Anda belum mengetahui apa itu dmoz.org dan kegunaannya? Maka saya akan memberikan penjelasan singkat beserta cara mendaftar di dmoz.org ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.
Dmoz.org adalah salah satu situs yang melakukan pengindeks-an blog untuk Anda. Situs ini sangat berguna bagi Anda yang ingin dengan mudah terdaftar pada situs search-engine. Jika Anda mengecek pagerank pada situs-situs yang digunakan untuk mengecek pagerank, maka Anda akan melihat indeks hasil dmoz.org disana. Ini membuktikan situs dmoz.org merupakan salah satu situs penting bagi Anda yang ingin meningkatkan pagerank situs Anda. Nah, untuk mendaftarkan pada situs ini pun sangat mudah. Silakan Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
·         1.    Masuk situs (www.dmoz.org). Maka akan muncul tampilan seperti ini:


http://localhost/HTML/Komputer/Internet/Blog/Cara%20mendaftarkan%20blog%20ke%20directory%20dmoz_files/dmoz01.gif
·       2.     Klik suggest URL pada bagian atas (diantara ‘about dmoz’ dan ‘help’), setelah itu Anda akan dibawa ke halaman yang berisikan peraturan-peraturan untuk melakukan pendaftaran situs atau blog Anda. Saya sarankan Anda untuk membaca dulu peraturan-peraturannya dalam bahasa inggri, jika Anda tidak mengerti, Anda dapat menggunakan situs bantuan penterjemah bahasa seperti Google Translate.
3.    Setelah itu klik ‘Proceed to the Open directory home at dmoz.org’, Kemudian Anda akan dibawa ke halaman utama seperti tampilan sebelumnya. Sekarang pilihlah kategori yang sesuai isi konten dari blog/situs Anda, bila situs Anda berbahasa Indonesia, maka pilih link World, pada bagian paling bawah.
4.   Selanjutnya, Anda akan dibawa ke sejumlah link bahasa-bahasa dunia sesuai dengan abjad, pilihlah link Indonesia, Anda akan dibawa ke kategori-kategori berbahasa Indonesia seperti gambar dibawah ini:
5.    Sekarang pilihlah kategori sesuai dengan isi konten situs/blog Anda, sebagai contoh, apabila Anda memilih kategori komputer, maka Anda akan dibawa ke kategori selanjutnya, seperti pada gambar dibawah ini:
6.   Kemudian klik tambah url pada bagian atas (diantara ‘tentang dmoz’ dan ‘ubah URL’), maka Anda akan dibawa ke tempat registrasi, isi dengan data yang sebenarnya. Contoh registrasi:
-SITE URL, masukan alamat blog atau situs Anda,
-TITLE OF SITE, tuliskan judul dari blog atau situs Anda,
-SITE DESCRIPTION, uraian ringkas tentang blog atau situs Anda,
-YOUR EMAIL ADDRESS, alamat email Anda (untuk konfirmasi bahwa situs Anda telah di approve oleh pihak mereka).
·        7.   Setelah itu klik tombol Submit, dan selesai lah pendaftaran blog atau situs Anda. Anda harus menunggu beberapa hari untuk dapat terdaftar. Hal ini dikarenakan situs dmoz.org menyeleksi blog atau situs yang didaftarkan secara manual dengan manusia dan bukan robot seperti situs search-engine lainnya. So, tunggu aja. Selamat mencoba.

2 Response to "Tips and Tricks: Daftar DMOZ.ORG"

ERNAWATI DWI mengatakan...

thanks gan infonya.
sangat membantu sekali...

Stephanus Christiono mengatakan...

Gambarnya ilang, saya sedikit bingung jadinya.. mohon bantuannya..

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes