Hack: Lesson 1 - Mencegah Akses Task Manager


Bagi Anda yang sering melakukan pemutusan program, tentu tahu mengenai hal task manager. Yah program ini merupakan program bawaan dari microsoft window yang digunakan untuk melihat proses yang sedang berjalan, melihat aplikasi yang sedang berjalan, sumber daya CPU yang sedang digunakan dan mungkin sebagai jalan pintas untuk memutus program ketika program tersebut hang atau memberatkan komputer (beberapa orang menggunakan cara ini > supaya praktis.. hehe..). Namun ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman dengan hadirnya program tersebut, karena beberapa orang yang tidak bertanggung jawab dapat dengan mudahnya mengutak-atik sistem yang berjalan di komputer kita. Nah untuk mengatasi hal berikut, Anda dapat menon-aktifkan program task manager sehingga orang akan sulit untuk mengaksesnya.

Caranya adalah sebagai berikut:
1.  Buka Registry Editor
     Masuk ke Window  >  Run  >  ketik "regedit" tanpa tanda kutip.
2.  Akses pada key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current\Version\Policies\System.
3.  Buat value DWORD baru bernama DisableTaskMgr. Jika tidak ada key tersebut, buatlah key yang sesuai dengan hierarki di atas. Contoh pada gambar dibawah.








4.  Klik kiri 2 kali pada bacaan DisableTaskMgr, dan Ubah nilainya menjadi 1 seperti gambar dibawah.











5.  Klik Ok.
6.  Restart komputer Anda. Sekarang coba Anda jalankan program task manager, maka yang ditampilkan adalah jendela pembatasa akses oleh administrator. Jika Anda ingin mengembalikan fungsi semula, maka masuk ke halaman HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Current\Version\Policies\System tadi lalu hapus DisableTaskMgr.

Selamat mencoba dan jangan lupa backup registry terlebih dahulu.

No Response to "Hack: Lesson 1 - Mencegah Akses Task Manager"

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes